Team Koper "SENAM"


Tim Koper II MTsN Tunggangri
Pelindung : Drs. H.kirom Rofi’I, M.Pd.I
Pembimbing : Dra. Yamianah, Emy Istikhomah, S.Pd
Anggota :
Kharisma D.I VII A
Siti Komariyah VII A
Ahmad Cesario Pantrisa VII B
Lailatul Choiriyah VII E
Ahmad Rifa’I VIII A
Ainalita Fatma Aji Putri VIII F


SENAM SANTRI? OKAY!!!!!!
Apakah kamu pernah melakukan senam? Jika tidak kamu termasuk orang yang rugi lho….. Do you know why? Salah satu alasannya adalah karena senam adalah jenis olahraga yang populer baik di kalangan pelajar maupun non pelajar. Sejak taman kanak-kanak, anak sudah dikenalkan olahraga ini. Senam biasa dilakukan di tempat-tempat umum pada hari Jumat pagi. Senam ini beserta musik yang mengiringinya menjadi sangat populer di tahun 80-an dan 90-an saat masa pemerintahan Orde Baru.
Selain menarik, murah, senam juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. mari kita intip teori berikut. Masa remaja adalah salah satu masa transisi antara masa anak dan dewasa. Pada masa ini, remaja menghadapi perubahan fisik yang sangat cepat pada diri mereka. Oleh karena itu seorang remaja perlu dan butuh suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana, Dengan memiliki tubuh bugar, seseorang akan mampu meningkatkan energi dan menurunkan tingkat ketegangan. Salah satu bentuk latihan jasmani adalah senam.
Melakukan senam merupakan hal yang tidak asing lagi di MTsN Tunggangri. Dengan adanya kegiatan Jum’at senam ini, diharapkan siswa-siswi MTsN Tunggangri beserta seluruh guru dan karyawannya selalu sehat jasmani dan rohani sehingga mampu melaksanakan proses belajar mengajar dengan pikiran yang fresh dan tubuh yang sehat untuk mencapai keberhasilan yang maksimal.
Sekolah yang berlokasi di jantung desa Tunggangri dengan seribu lebih siswa ini setiap hari Jum’at telah melakukan senam santri, Walaupun, bernafaskan islami senam santri dengan manis ditampilkan oleh siswa-siswinya. Senam tidak harus dilakukan dengan pakaian yang ketat atau vulgar. Gerakannya pun bisa dimodifikasi sehingga tercipta senam santri ala MTsN Tunggangri. Semua siswa mensupport kegiatan ini karena mampu menghilangkan pemicu kepenatan.Walaupun setiap hari siswa-siswi MTsN Tunggangri setiap pukul enam pagi sudah berada di sekolah, mereka tetap fit dan fresh.
Hal ini senada dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa subyek yang secara aerobik fit mempunyai penurunan respon stress sangat signifikan terhadap bermacam-macam stressor. Disarankan agar sebagian besar latihan kebugaran jasmani bagi siswa dipertahankan dan perlu adanya suatu program pembinaan yang berkelanjutan. Upaya yang terpadu dari pihak sekolah dengan memberikan perhatian pada para siswa dalam perkembangan kondisi psikologisnya di sekolah mutlak dibutuhkan.
Try to have physical exercise from now on! Ingat, mensana in corpore sanno! (tim)

0 komentar: